Tapak Bawah Bronjong Jujun Proyek APBD Provinsi Jambi Mulai Menggantung

oleh

KERINCI – Proyek pasangan Bronjong berlokasi di Jujun, kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dikeluhkan warga. Pasalnya, tapak bawah pasangan proyek bersumber dari APBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2022 sudah terlihat menggantung yang disebabkan tergerus air sungai.

“Air Sungai disini cukup deras. Air sungai ini menggerus tapak bawah pasangan Bronjong yang pondasinya tidak digali, sehingga pasangan ini sekarang sudah terlihat menggantung,” ujar warga Jujun kepada wartawan.

Menurut warga, apabila ini tidak diperbaiki, warga mengkwatirkan pasangan Bronjong ini akan ambruk, karena tidak digali pondasinya.

“Semestinya digali jugalah pondasi sekitar 50 cm. Ini tidak, batu langsung dipasang diatas permukaan Sungai,” ujarnya

Menurut informasi dari warga, proyek yang dikerjakan oleh CV. Putri Ayu dengan nilai hampir Rp. 1 Milyar itu dikerjakan oleh Sihok atau dikenal Hendra Oyon.

Sementara itu, Ketua LSM Kompej Harmo Karimi mendesak Gubernur Jambi Al Haris untuk menegur Dinas PU Provinsi Jambi dalam melaksanakan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

“Kita minta pak Gubernur tegur pejabat PU Provinsi. Dan pejabat PU untuk tegur rekanannya,” ujarnya.

“Kita sudah ke lapangan, memang pasangan bronjongnya sudah banyak menggantung karena tidak dibuatnya pondasi tapak. Batu yang dipasang banyak kecil – kecil sehingga mudah keluar dari lobang kawat Bronjong itu. Dan juga batu yang dipasang banyak yang lowong. Ini jelas dan nyata banyak terjadi pencurian volume pekerjaan,” sambungnya.

“Kami dari LSM minta PU untuk menata ulang pemasangan batu dan membuat pondasinya. Kalau tidak, Bronjong ini tidak akan bertahan lama,” ujarnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *