Beri Waktu 7 Hari, Warga Sungai Ning : Pemkot Sungai Penuh Janganlah Tega Cemarkan Satu – Satunya Sumber Air Minum Kami

oleh
Pertemuan Kadis LH dengan warga Desa Sungai Ning.

SUNGAIPENUH – Warga Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungaipenuh mengharapkan supaya Pemkot Sungaipenuh untuk menghentikan aktifitas pembuangan sampah skala besar di wilayah Renah Pandan Tinggi (RPT).

Sebab, pembuangan sampah yang diperkirakan sebanyak 30 ton itu berdekatan dan menyentuh langsung dengan hulu sungai yang merupakan satu – satunya air bersih yang masih tersisa.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah Kota Sungaipenuh untuk dapat menghentikan pembuangan sampah di sana (RPT). Sampah yang dibuang sekarang lokasinya bersentuhan dengan sumber air satu – satunya yang layak minum,” ujar warga kepada Wahyu Plt Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan saat menggelar pertemuan di rumah salah satu warga Sungai Ning, Selasa (7/6) tadi malam.

“Di Sungai Ning ini ada tiga sumber mata air. Dua sumber mata air tidak layak lagi. Satu – satunya yang layak untuk air minum dan sumber air PAM Desa itu adalah di RPT yang lokasinya bersentuhan dengan TPA itu. Pemkot janganlah tega cemarkan (sumber mata air),” tutur warga

Dalam pertemuan itu, warga memberi waktu selama 7 hari, supaya pemerintah Kota Sungaipenuh untuk mencari lokasi lain yang tidak mencemarkan sumber air bersih masyarakat.

“Kita beri waktu 7 hari kepada Bapak untuk mencari lokasi lain. Lokasi sekarang ini adalah lokasi satu – satunya sumber air masyarakat disini. Dua lokasi lainnya sudah tercemar,” kata warga lainnya.

Dalam pertemuan itu, Kadis LH Wahyu banyak menjelaskan masalah pembangunan TPS 3 R. Padahal, inti permasalahan dalam pertemuan itu, masyarakat secara tegas menolak keberadaan TPA di RPT tanpa melalui kajian dan Amdal terlebih dahulu.

Menyikapi permintaan warga tersebut, Kadis DLHKP tidak memberikan jawaban pasti, karena masih menunggu pertemuan dan rapat bersama Kades dan usur empat Desa Jenis Sungai Ning.

“Permintaan masyarakat akan di bahas setelah kades plang dari jambi bersama unsur 4 jenis Desa Sungai Ning,” ujar Wahyu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *