Tak Diundang, Kehadiran Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar Disorot

oleh
Foto : Dari kiri, Bupati Kerinci, Helmi Muid, dan Saukani Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar.(Ist)

KERINCI– Perhelatan Kenduri Sko Kemantan berlangsung khidmad. Ada yang menarik perhatian publik, acara sakral adat tersebut ikut dihadiri seorang Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar, yang notabene tidak diakui oleh Depati Empat Alam Kerinci.

Informasi yang dihimpun, kehadiran Saukani Gelar Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar di acara tersebut dipertanyakan. Di lokasi acara depati tersebut juga sempat berfoto bersama Bupati Kerinci dan Depati Muara Langkap Tamiai, Helmi Muid.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari pihak panitia, Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung tidak masuk dalam daftar undangan. Muncul pertanyaan, siapa yang mengundang ? Apakah sengaja hadir ingin mencari panggung ?

Selain itu, kehadiran Helmi Muid, Depati Muara Langkap Temiai juga dipertanyakan, sebab kedepatian tersebut telah terjadi dualisme yang sampai saat ini belum ada kejelasan dari Depati Empat Alam Kerinci.

Apakah Helmi Muid atau Mukri Soni yang sah dan diakui menyandang gelar Depati Muara Langkap oleh Depati Empat Alam Kerinci ? hingga saat ini belum ada kejelasan.

Ketua Panitia Kenduri Sko Kemantan Safrial, dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar tidak diundang.

“Yang diundang Depati Rencong Telang sesuai titah dari dahulu, termasuk Depati Muara Langkap juga yang sesuai titah dahulu” ungkapnya.(ded/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *