Realisasi Rp 14 M Bansos Tunai Mandek

oleh

4.500 Warga Miskin Calon Penerima Sudah Didata

KERINCI-Realisasi Bantuan sosial (Bansos) tunai dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kerinci  mandek. Dana yang dianggarkan melalui APBD Kerinci 2021 tersebut, diperuntukkan bagi masyarakat miskin terdampak Covid-19. Namun hingga September ini tak kunjung direalisasi.

Sementara nama-nama penerima sudah lama diajukan oleh kepala desa melalui Pemerintah Kecamatan. Namun hingga saat ini tak ada kejelasan, kapan dana tersebut cair dan diterima masyarakat.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci, Boy Edwar, membenarkan jika dewan telah menganggarkan dana Bantuan Sosial sudah di APBD 2021 senilai Rp 14 Milliar, dan dikelola oleh Dinas Sosial Kerinci.

“Kita berharap bantuan untuk masyarakat miskin yang terdampak COVID-19 ini secepatnya disalurkan. Karena masyarakat sangat membutuhkan saat ini,” ungkapnya, Selasa (22/9).

Bahkan, kata dia, dewan juga sudah mempertanyakan realisasinya dengan memanggil pihak Dinas Sosial beberapa waktu lalu. Saat pertemuan dengan dewab, Kadis Sosial, Linda beralasan Dinsos masih mengsinkronkan data, supaya tidak tumpang tindih penerima bantuan dari pemerintah.

“Dinsos berjanji hari ini (Selasa kemarin,red) data sudah selesai disinkronkan dan dalam waktu dekat bansos ini akan segera disalurkan kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid19 di Kerinci, bisa jadi dibayarkan langsung untuk 3 bulan,” ungkapnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kerinci ini, juga menambahkan data yang berhasil didapatkan dari Dinsos, tercatat ada sekitar 4.500 orang yang terdata untuk mendapatkan bansos.

“Dari Rp 14 Miliar, paling yang bisa tersalurkan sekitar 4 Miliar, selebihnya akan menjadi silpa dan bisa digunakan untuk kegiatan lain tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Kepala Desa di Kecamatan Air Hangat Timur membenarkan sampai saat ini bansos dari Dinas Sosial belum disalurkan kepada masyarakat.

“Sampai dengan September 2021 ini, belum ada masyarakat menerima bantuan dari Dinas Sosial,” katanya.

Dia menyebutkan informasi yang didapat, untuk satu desa ada 20 orang yang akan menerima Bansos dari Dinas Sosial Kerinci. “Infonya akan disalurkan bulan depan, apakah dibagikan selama 3 bulan, atau perbulan, itu belum kita ketahui, karena belum ada info terbaru,” sebutnya.

Sementara itu, hingga berita ini dipublish, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kerinci, Linda, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp tidak membalas meskipun pesan sudah dibaca ditandai conteng biru.(ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *