Wako Ahmadi : Harus Pintar dan Loyal

oleh
Foto : Walikota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir, saat memimpin apel di Pemkot Sungaipenuh.(dok/Ist)

SUNGAIPENUH-Masih soal isu reshuffle. Selain evaluasi kinerja pejabat selama enam bulan pasca dilantik, ternyata Walikota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir, memiliki kisi-kisi tersendiri tentang pegawai maupun pejabat yang diinginkan.

Menurut mantan birokrat tersebut, keinginan pejabat terbaik untuk mengisi struktur jabatan dilingkup Pemkot Sungaipenuh, bukan tanpa alasan. Dia menggambarkan setidaknya ada empat tipe pegawai.

“Pertama pintar dan tidak loyal. Ini tipe pertama, ada pegawai yang pintar secara intelektual, namun loyalitasnya kurang,” katanya saat menerima silaturrahmi awak media belum lama ini.

“Loyalitas yang dimaksud disini adalah loyalitas terhadap profesi sesuai tufoksinya, tanggung jawabnya. Bukan loyalitas terhadap atasan atau walikota semata,” tambah Ahmadi.

Kemudian dia melanjutkan tipe yang kedua, tidak pintar namun loyal. Tipe ini, kata dia, secara kemampuan tidak begitu mumpuni, namun loyalitas terhadap pekerjaan sangat bertanggung jawab.

“Yang parah itu tipe ketiga, tidak pintar dan tidak loyal. Ini secara kemampuan tidak bisa diandalkan, apalagi tanggungjawab terhadap pekerjaan. Saya yakin, untuk membantu sebuah program kerja, tidak bisa diandalkan,” jelasnya.

Selain tiga tipe tersebut, ada model keempat yang layak diperhatikan, yaitu orang yang pintar dan juga loyal. Tipe inilah yang semua orang harapkan untuk membantu sebuah pekerjaannya.

“Sudah pintar secara kemampuan, ditambah bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Inilah yang saya mau. Saya tidak mau loyal itu terhadap atasan atau walikota, tapi loyal terhadap pekerjaan,” ungkapnya.

“Apakah itu (pintar dan loyal,red) ada di Kota Sungaipenuh ? Kita yakin ada. Karena secara intelektual dan pendidikan sudah sangat banyak yang mumpuni, begitupun loyalitas terhadap pekerjaan juga pasti banyak,” sambungnya.

Oleh sebab itu, masa enam bulan pasca dilantik, menjadi ruang yang tepat baginya dan Wawako untuk menilai kinerja pejabat dilingkup Pemkot Sungaipenuh.

“Mudah-mudahan kita mendapat pejabat yang sesuai dengan kriteria yang kita inginkan, dan sejalan dengan visi dan misi kita dalam memimpin Kota Sungaipenuh hingga akhir periode nanti,” harapnya.(ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *