Mirip Tender Kota SPN, Tender Proyek PUPR Kerinci Sepi Peminat, Pekerjaan RSUD Bukit Kerman Diduga Bermasalah, CV Gunung Bujang Kembali Menangi Tender PUPR 2021

oleh
KERINCI – Lelang proyek Dinas PUPR Kabupaten Kerinci tahun anggaran 2021 sepi peminat. Santer kabar sepinya peminat disebabkan bukan berdasarkan prestasi dari pekerjaan fisik yang dilakukan, akan tetapi proyek tersebut sudah ditentukan pemiliknya sebelun tender.
Menariknya, proses tender yang berlangsung di Kabupaten Kerinci tahun anggaran 2021 ini mirip dengan pelaksanaan tender di Kota Sungai Penuh yang diikuti oleh sat, dua dan tiga perusahaan saja. Bahkan, penurunan harga penawaran berkisar 1 sampai 3 persen dari Harga Perkiraan Sementara ( HPS).
Di SPSE terlihat perusahaan yang memenangi tender pada salah satu daerah Irigasi adalah CV Gunung Bujang.
Saat ini perusahaan tersebut disorot karena diduga melakukan penyelewengan pekerjaan pembangunan  RSU di Bukit Kerman dikerjakan tahun 2020 lalu.
“Prestasi kerja bukan ukuran lagi. Untuk apa ikut tender kalau pemenang yang ditunjuk sebelum tender sudah ada. Ini sama saja menghabiskan duit saja,” ujar salah seorang sumber.
Menurut sumber, bagusnya pekerjaan yang telah dilakukan dan bagusnya penawaran yang dibuat bukanlah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, yang utama untuk mendapatkan pekerjaan adalah lobi.
“Lobi hebat, jaringan kuat. Bisa dapat itu. Kalau lemah jangan harap dapat dan memenangkan tender,” ujar sumber.
Dia mencontohkan seperti CV Gunung Bujang. Menurut dia, CV Gunung Bujang merupakan perusahaan yang setiap tahun selalu menenangi lelang di PUPR Kerinci.
“Ya, kita tahulah. Setiap tahun perusahaan itu selalu menang tender di PUPR Kerinci,” ujar sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *