Dewan Tandatangani Tuntutan Mahasiswa Tolak RUU KUHP dan RUU KPK

oleh

KERINCI-Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Kerinci dan Sungaipenuh dan organisasi mahasiswa menggelar unjuk rasa di gedung DPRD Kerinci, Kamis (26/9).

Dalam aksi unjuk rasa ini, mahasiswa menyampaikan tuntutan kepada DPRD Kerinci, menolak RUU KUHP dan RUU KPK, sebagaimana tuntutan unjuk rasa mahasiswa disejumlah daerah di Indonesia.

Unjuk rasa berlangsung sekitar 3 jam, dan perwakilan mahasiswa diterima pimpinan dan anggota dewan, di ruang paripurna. Para wakil rakyat duduk dilantai menyambut dan mendengar aspirasi mahasiswa.

“Kami menolak RUU KUHP dan RUU KPK. Kami meminta DPRD Kerinci untuk menandatangani tuntutan dan menyampaikan aspirasi kami ke DPR RI,” ungkap perwakilan mahasiswa.

Ditengah pertemuan perwakilan mahasiswa dengan pimpinan dewan, diluar gedung sempat terjadi kericuhan dan lemparan batu ke atap dan kaca gedung. Namun, kericuhan berhasil diredam oleh personel Polres Kerinci dan Satpol-PP Kerinci.

Usai menyampaikan beberapa tuntutan secara bergiliran dari sejumlah perguruan tinggi dari IAIN Kerinci, STIE, STIA, AKPER, AMIK dan STKIP, serta HMI, IMM, KAMMI, dan PMII, mahasiswa beserta pimpinan dan anggota dewan menuju keluar gedung menumui ribuan massa.

Diluar gedung, Ketua DPRD Kerinci, Edminudin, didampingi wakil dan anggota, membaca poin-poin tuntutan mahasiswa, selanjutnya pimpinan dewan menandatangani berkas tuntutan mahasiswa.

“Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa, sesuai dengan yang disampaikan dalam tuntutan, kita tandatangani bersama. Mudah-mudahan aspirasi ini dapat dikabulkan,” ungkapnya.

Usai tuntutan ditandatangani, ribuan massa berangsur meninggalkan gedung dewan dan melanjutkan aksi ke DPRD Sungaipenuh.(d3r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *